Intip Asal Usul Mendunianya Es Mixue Hingga Ke Jepang!

Intip Asal Usul Mendunianya Es Mixue Hingga Ke Jepang!

Jan 10, 2023 by admin

Jepang – Salah satunya gerai es cream https://www.aa-tv.com/ asal Zhengzhou, Henan, China, yaitu Mixue saat ini sedang jadi pembicaraan. Hal itu karena gerai franchisenya sekarang sudah menebar di semua daerah Indonesia.

Mixue sebagai salah satunya nama warung es cream asal China yang terakhir jadi pembicaraan di sosial media. Bukan tanpa ada alasan, ini karena cabang Mixue gampang diketemukan di mana saja sampai membuat netizen kebingungan.

Mixue sendiri tidak cuma jual es cream di Indonesia, tetapi minuman dengan beragam rasa. Harga yang dibandrol juga bervariatif.


Tapi, bukannya terkenal dengan menu yang dijajakan, warung itu malah mengundang perhatian karena jumlahnya cabang toko yang dibuka.

Bahkan juga akhir-akhir ini, seorang netizen Indonesia yang ada di Jepang mendapati cabang Mixue yang hendak membuka di Tokyo.

Jaringan es cream dan minuman manis terpenting asal dari Tiongkok Mixue ikut buka cabang di Jepang dan Korea Selatan. Cabang Mixue pertama di Jepang berada di Omotesando yang disebut salah satunya area usaha populer di Tokyo, sama dengan Harajuku sampai Shibuya yang populer dengan fashionnya yang berprestise. Gagasannya mereka akan membuka cabang ke Kyoto dan kota yang lain yang akan datang. Cabang pertama di Korea Selatan sendiri sudah dibuka semenjak bulan Oktober 2022, persisnya di Kampus Chung-Ang, di mana terdapat banyak siswa dari Tiongkok.

Pembukaan cabang di Jepang dan Korea Selatan ini sendiri tidak selama-lamanya jalan secara lancar. Beberapa rintangan salah satunya ialah panjangnya lajur logistik di mana banyak bahan baku yang perlu di-import langsung dari Tiongkok. Lajur logisting yang cukup berbelit-belit ini membuat mereka cukup kerap alami out of stok, di mana banyak bahan baku masih ketahan di Tiongkok. Apa lagi beberapa beberapa video promo yang disebarkan lewat internet dinilai tidak mempunyai translasi bahasa yang ideal.


Di tengah-tengah semua masalah yang ada, Mixue sendiri cukup optimis akan usaha pengembangannya, khususnya di daerah Asia Tenggara. Sekarang ini mereka terdaftar mempunyai minimal 22276 cabang di penjuru dunia, dengan penghasilan keuntungan besar.

Video itu diupload oleh Dion Mulya dengan account TikTok @dionmulya19 pada 26 Desember 2022. Dalam rekamannya, dia tengah jalan-jalan di Tokyo dan menyaksikan gerai Mixue yang hendak dibuka di situ.

“Wah, hari yang ceria. Tentu tidak ada Mixue di sini. Hah… nani? Nyampe Tokyo. Kok ada Mixue di Jepang,” sebut pemilik account dalam rekaman itu.

Dia menyoroti sebuah toko di tepi jalan dengan dekor merah ciri khas Mixue. Tidak itu saja, kelihatan maskot es cream Mixue di muka toko itu.

Sejarah Berkembangnya Es Mixue Hingga Mendunia

Gampangnya akses barang masuk dan keluar ke negara lain, membuat orang punyai peluang untuk buka usaha dan memperlebar usaha yang telah ditempuh awalnya.

Saat ini, makanan dan minuman siap sajian dan unik banyak dicicipi dan jadi perhatian oleh kelompok anak muda. Minuman yang sedang trend dilapisan anak muda dan ramai diulas yaitu minuman boba yang namanya Mixue asal China.

Mixeu dibangun oleh Zhang Hongchao, seorang pebisnis asal China pada tahun 1997. Pada waktu itu, Zhang Hongchao jadi mahasiswa di Kampus Keuangan dan Ekonomi Henan.

Saat ia jadi seorang mahasiswa, ia bekerja separuh waktu di kios minuman dingin. Tugas itu memberikan inspirasi Zhang untuk buka toko sendiri.

Mixue Ice Krim asal selengkapnya dari Zhengzhou, Henan, Tiongkok, yang memulai berdiri tahun 1997.

Walau baru trending saat ini, Mixue Ice Krim dan Tea rupanya telah berada di Indonesia semenjak tahun 2020 dengan gerai pertama kalinya di Cihampelas Walk, Kota Bandung.

Beberapa orang di tanah lahirnya menyebutkan Mixue bernama Mixue Bingcheng (MXBC).

Nama pendiri sekalian pemilik dari Mixue Ice Krim dan Tea namanya Zhang Hongchao.

Rupanya, awalnya berdirinya hanya usaha yang berbentuk sebagai warung es cream simpel di tepi jalan.***

Baca Juga : Mayang Dan Doddy Sudrajat Liburan Ke Luar Negeri Untuk Menghabiskan

Dengan bekal uang utang dari neneknya sejumlah 4.000 RMB (Yuan) atau sama dengan 483 USD, sekitaran 7,delapan juta rupiah, ia buka toko jual es serut di Zhengzhou pada tempat tinggalnya.

Ada beragam tipe es. Dimulai dari es serut, es cream, smoothie, dan teh susu. Saat sebelum upayanya suskes seperti sekarang ini, Zhang pernah pailit di usaha es pertama kalinya.

Pada tahun 1999, Zhang buka kembali toko es ke-2 nya dinamakan Mixue Bingcheng. Ia mendapatkan ide membuat es serut Mixue ada dari minuman asal Jepang yang berwujud kerucut seperti obor.

Pada tahun 2008, saat ada Olimpiade Beijing, semakin mengorbitkan karisma es serut seperti obor dan alami peningkatan sampai 10 kali lipat.

Menyaksikan pemasaran yang alami peningkatan, membuat Zhang pelajari resep es cream, penghitungan ongkos dan pada akhirnya tentukan harga es cream sejumlah 2 RMB, lima beberapa ribu, ketika lain tempat jual pada harga 10 RMB, 25 ribu.

Usaha Mixue berkembang cepat semenjak toko dibuka dan buka di beberapa daerah di China, membuat Mixue berkembang cepat dan populer menyebabkan antrean panjang dimuka pintu toko Mixue.

Sesudah toko Mixue alami kenaikan pemasaran, membuat Zhang dengan cara resmi membuat perusahaan Mixue Bingcheng dalam jumlah 180 lebih toko Mixue di beberapa kota di China.

Waktu itu, usaha Mixeu masih usaha punya keluarga yang membuat Zhang susah mengurus perusahaannya.

Permasalahan yang dirasakan Zhang bukan hanya dari masalah mengurus usaha bersama, bahan baku membuat Mixeu, susu terjadi permasalahan karena ada kandungan aditif yang menyebar di China.

Persoalan itu membuat Zhang belajar masalah rantai suplai dan usaha yang ditempuh dengan keluarga.

Pada 2010, Zhang memilih untuk bekerja bersama dengan Zhengzhou Baodao Trading Co., Ltd. untuk meningkatkan perusahaannya dengan buka gerai Mixue secara global.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *